Bersih Sampah di Sipon SWD II Desa Mayongkidul

0
20

Pemerintah Desa Mayong Kidul bersama masyarakat terus mengintensifkan gerakan membersihkan sungai. Hal itu bentuk kewaspadaan, jelang musim penghujan yang sebentar lagi diprediksikan turun di Desa Mayong Kidul. Seperti kegiatan gotong royong melibatkan unsur masyarakat, Perangkat Desa, Mahasiswa UMK yang melaksanakan KKN Babinsa, Babinkhamtibmas dan dipimpin langsung Ibu Camat Rini Patmini, AP .

Aksi bersih – bersih sungai itu dilakukan agar aliran air tidak terhambat oleh sampah maupun penyempitan lainnya ketika musim hujan tiba. Kegiatan ini juga bentuk preventif untuk membersihkan aliran sungai dari sampah yang dapat memicu musibah banjir. Diantaranya dengan mengangkut sampah-sampah plastik maupun organik yang banyak terdapat didaerah aliran sungai, membersihkan tanaman liar dikanan kiri badan sungai serta memperluas daerah aliran sungai yang menyempit karena endapan tanah bercampur lumpur.

Menyongsong musim hujan yang turun sebentar lagi , Artha juga mengingatkan potensi banjir yang membahayakan masyarakat disekitar didaerah aliran sungai. “ Jadi hentikan, jangan buang sampah kesungai lagi. Sampah –sampah itu kumpulkan saja didepan rumah masing-masing, nanti ada team dari kebersihan yang akan mengangkutnya. Nah kami juga ingin melalui gotong royong ini, akan timbul kesadaran dari masyarakat untuk ikut menindaklanjuti. Apabila Kali bersih, derah aliran sungai bersih, potensi banjir bisa diminimalisir, “ tegas Camat Mayong

Menurut dia, masyarakat perlu penyadaran hal tersebut karena dampak sungai yang dipenuhi sampah bakal terasa kalau musim hujan tiba. “Sudah pasti air akan melimpah ke jalan, bahkan permukiman penduduk didekat sungai. Apalagi desa Mayong Kidul yang selama ini sering kena banjir harus bebenah, jangan sampai terus-terusan banjir. Harus diawali dengan perubahan perilaku masyarakat untuk tidak buang sampah ke sungai,” ucapnya.