Pencanangan HKG PKK – KKBPK – Kesehatan Dan Peringatan Hari Juang Kartika TNI Kecamatan Mayong

0
26

Komandan Kodim 0719/Jepara yang diwakili Pasiter Kapten Arm M Fadelan didampingi Danramil 05/Mayong Kapten Inf Nur Khamid menghadiri Pencanangan HKG PKK – KKBPK – Kesehatan Dan Peringatan Hari Juang Kartika TNI di Balaidesa Mayonglor, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Selasa (26/11/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua 2 Tim Penggerak PKK Kabupaten Jepara Ibu Susi Sholih, Jajaran Muspika Kecamatan Mayong, Ka Puskesmas Mayong I dr Hadi Saputro, Ka Puskesmas Mayong II H Karsono SKM MM, dan tamu undangan.

Wakil Ketua 2 Tim Penggerak PKK Kabupaten Jepara menyebut, HKG PKK – KKBPK – Kesehatan merupakan rangkaian kegiatan keterpaduan dalam rangka Hari Keluarga, Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan Hari Kesatuan Gerak PKK.

“Saya harap pencanangan HKG PKK KKBPK Kesehatan ini tidak hanya seremonial, tapi harus ada implementasi kegiatan yang nyata di masyarakat. Untuk itu, semua elemen harus bersinergi,” kata Susi.

Selain itu kegiatan ini memberikan motivasi dan semangat kepada para kader PKK, penyuluh lapangan Keluarga Berencana (PLKB) agar bekerja optimal aktif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yakni melayani kepentingan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Jepara mengajak kepada semua pihak, aparat pemerintah, swasta dan masyarakat untuk mensukseskan gerakan PKK-KKBPK dan kesehatan khususnya dalam mendukung masyarakat Jepara yang sehat dan sejahtera.

“Khusus kepada tim penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi berkelanjutan kepada para kader,” imbuh Susi.

Sementara Komandan Kodim 0719/Jepara melalui Pasiter menjelaskan bahwa dalam rangkaian HKG PKK – KKBPK – Kesehatan Dan Peringatan Hari Juang Kartika TNI di Kabupaten Jepara, pihaknya turut turun tangan dalam membantu pelayanan KB Implan dan KB IUD.

“Kami dari TNI Kodim Jepara sangat mendukung progam ini, karena untuk mengurangi angka kehamilan diwilayah Kabupaten Jepara,” jelasnya.

Bagi peserta KB yang ingin menjarakkan kehamilan, lanjut Pasiter metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) adalah metode yang terbaik, dimana MKJP berupa IUD atau Implan dapat mencegah kehamilan hingga 10 tahun, tergantung dari jenisnya

“MKJP berupa IUD dan Implan merupakan metode kontrasepsi yang efektivitasnya paling tinggi, sehingga sangat cocok untuk peserta KB yang ingin menjarakkan kehamilan atau tidak ingin punya anak lagi.  Efektivitas Implan mencapai 99,95% sedangkan efektivitas IUD mencapai 99,2-99,4%,” tandas Pasiter