Jepara menuju Smart City

0
95

JAKARTA – Kabupaten Jepara terpilih menjadi salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang ditetapkan sebagai Smart City. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Pemkab Jepara dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, dilaksanakan Selasa (8/5) di hotel Redtop, Jakarta.
“Ada 50 kabupaten/kota se-Indonesia yang hari ini menandatangani MoU dengan Kemkominfo. Ini adalah bagian dari gerakan menuju 100 smart city yang dicanangkan oleh pemerintah pusat,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara, Yoso Suwarno, Rabu (9/5). Dalam penandatanganan tersebut, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi didampingi Sekda Sholih, Kepala Bappeda Jepara Sujarot, dan Kepala Diskominfo Yoso Suwarno.

Menurut Yoso, smart city merupakan program bersama antara Kemkominfo, Kemendagri, Kemen PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan dengan tujuan agar pemda dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Melalui proses seleksi assessment, pada tahun 2017 telah terpilih 25 kabupaten/kota. Assessment lanjutan tahun 2018, terpilih 50 kab/kota, termasuk di dalamnya Kabupaten  Jepara. Kabupaten/kota yang telah menandatangani MoU, mendapat pendampingan dalam penyusunan master plan smart city dari Kemkominfo.

Yoso menambahkan, untuk menjamin keberlangsungan program smart city, diperlukan kebijakan dalam bentuk Perda atau peraturan bupati/walikota. “Konsistensi diperlukan dalam pembangunan smart city sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kota layak huni yang masyarakatnya makin sejahtera dan makin bahagia,” tandasnya. (Diskominfo Jepara/Sulismanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here